About Bojonegoro

Bojonegoro adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak  di ujung Barat Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Blora. Bagian Barat Bojonegoro merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber minyak bumi terbesar di Indonesia, contohnya EXON MOBILE. Banyak kekayaan alam yang ada di Bojonegoro tetapi sayangnya Bojonegoro belum bisa mengolah sendiri kekayaan yang dimiliki tersebut. Kabupaten Bojonegoro dipimpin oleh seorang Bupati yang bernama Anna Muawannah dan baru saja terpilih pada PILKADA serentak 27 Juni 2018. Ada 28 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro, kemudian ada 419 desa dan 11 kelurahan. 
Bojonegoro memiliki banyak tradisi yang dianut sejak zaman nenek moyang, walapun banyak tradisi nenek moyang tetapi warga Bojonegoro tetap menjunjung tinggi persaudaraan dan saling membantu ketika ada kegiatan keagamaan atau ritual-ritual khusus lainnya.
Ada beberapa budaya di Bojonegoro :
  1. Masyarakat Samin. Masyarakat Samin ini tinggal di Ujung Barat Kabupaten Bojonegoro yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi. Tepatnya di Desa Jipang kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Kurang lebih 2,5 jam untuk menempuh perjalanan ke Kecamatan ini dari pusat kota Bojonegoro. Masyarakat Samin yang tinggal di Desa Jipang tersebut adalah figure tokoh orang-orang zaman dahulu yang gigih dalam berjuang menentang Kolonial Belanda. Masyarakat Samin menanamkan sebuah ajaran Saminisme yang artinya sami-sami amin (bersama-sama yang dicerminkan dan dilandasi oleh kekuatan, kejujuran, kebersamaan dan kesederhanaan. Ajaran ini sudah terbukti dari gaya hidup masyarakat Samin itu sendiri yang tidak bergelimpangan harta, sederhana, bekerja keras, dan lain-lain. Desa Jipang yang ditinggali masyarakat Samin kini juga membuka dan mengembangkan paket wisata homestay untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana dan gaya hidup bersama Masyarakat Samin.jiunkpe-ns-s1-2006-42401151-3941-samin-extras12
  1. Wayang Thengul. Wayang Thengul adalah kesenian khas Bojonegoro yang berasal dari kecamatan Kanor yang diiringi gamelan pelog/sendro yang kemungkinan besar dapat pengaruh dari alat musik Ponorogo. Wayang Thengul sekarang jarang sekali dipertunjukan oleh warga Bojonegoro. Biasanya hanya ada pada kegiatan Pertunjukan Budaya Bojonegoro setiap malam minggu di Kantor Dinas Budaya dan Pariwisata Bojonegoro. 
  2. Tari Tayub. Tari Tayub merupakan tari yang popular di Bojonegoro. Tari ini biasanya dilakukan oleh laki-laki yang kemudian diiringi oleh gamelan dan tembang Jawa yang dilantunkan oleh Sinden yang syairnya berisi petuah-petuah dan ajaran. Pertunjukan tari ini biasanya ramai ketika hajatan-hajatan warga ataupun ketika musim panen tiba. Biasanya ketika musim panen tiba, warga mengadakan sebuah kegiatan yang bernama Sedekah Bumi. Kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan di Kuburan kemudian membawa sesajen-sesajen hasil Bumi yang dimiliki.                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Ada beberapa tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di Bojonegoro. Yaitu ; Kayangan Api di Kecamatan Dander, Waduk Pacal di Kedungsumber, Tirta Wana Dander, di Dander, Bendungan Gerak, di Kalitidu , Air Terjun Kedungmaor di Temayang, Air Terjun Krondonan di Gondang , Wisata Alam Negeri Atas Angin , Klenteng Hok Swo Bio, Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro, Makam Wali Kidangan , Go Fun Bojonegoro, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain tempat wisata, ada juga oleh-oleh khas Bojonegoro yang mendunia yaitu produk minuman yang bernama real food, yang merupakan sebuah produk minuman asli dari Bojonegoro yang penjualannya sudah sampai ke Luar Negeri. Selain Real food juga ada kerajinan kayu jati, seperti meubel, lemari, buffet, meja, kursi, dan lain-lain. Ada juga jajanan yang paling terkenal adalah Ledre yang mempunyai banyak rasa buah-buahan. Sekian dan Terima kasih . Ayo Dolan Neng Bojonegoro.

Komentar

Postingan Populer